RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
FORMAT
KLASIKAL / NONKLASIKAL
TERJADWAL
I. IDENTITAS
A.
Satuan Pendidikan : .....................(misal: SMP Cahaya Purnama)
B.
Tahun Ajaran : ..................(misal:
2013 – 2014, Semester I)
C.
Sasaran Pelayanan : ............................(misal:
Semua Kelas VIII)
D.
Pelaksana :
.......................................................................
E.
Pihak Terkait : .......................................................................
II. WAKTU DAN TEMPAT
A.
Tanggal :
................................(misal: 17 Januari 2014)
B.
Jam Pembelajaran/Pelayanan :
...................................(misal: Sesuai Jadwal)
C.
Volume Waktu (JP) : ............................................................(misal:
Masing-masing kelas 2 (dua) JP (2 x 40 Menit)
D.
Spesifikasi Tempat Belajar : .............(misal: Ruang kelas masing-masing)
III. MATERI PEMBELAJARAN
A.
Tema/Subtema : 1. Tema : ...........................................................
2. Subtema : ...........................................................
B.
Sumber Materi :
......................................................................................
IV. TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN
A.
Pengembangan KES : Agar siswa
memahami/ mampu...............................
B.
Penanganan KES-T : Untuk
mengurangi, menghindarkan/menghilangkan,
mencegah.................................................................
V. METODE DAN TEKNIK
A.
Jenis Layanan : Layanan :
...............................(Format...........................)
B.
Kegiatan Pendukung : Kegiatan Pendukung :
............(Format...........................)
VI. SARANA
A.
Media : .................................................................................................
B.
Perlengkapan : .................................................................................................
VII. SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN / PELAYANAN
Diperolehnya hal-hal baru
oleh siswa terkait KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari) dengan unsur-unsur AKURS
(Acuan, Kompetensi, Usaha, Rasa, Sungguh-sungguh).
A.
KES
1.
Acuan ( A ) : ........................................................................................
2.
Kompetensi ( K ) : ....................................................................................
3.
Usaha ( U ) : ........................................................................................
4.
Rasa ( R ) : ........................................................................................
5.
Sungguh-sungguh ( S ) : ..........................................................................
B.
KES-T, yaitu terhindarkannya kehidupan efektif sehari-hari yang
terganggu, dalam hal :
1.
..................................................................................................................
2.
..................................................................................................................
C. Ridho Tuhan, Bersyukur,
Ikhlas dan Tabah :
Memohon
ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk suksesnya siswa dalam.......................................................................................................................
VIII. LANGKAH KEGIATAN
A.
LANGKAH PENGANTARAN
1.
Mengucapkan salam dan mengajak siswa berdoa.
2.
Mengecek kehadiran siswa, dan mengajak mereka berempati
kepada siswa yang tidak hadir.
3.
Mengajak dan membimbing siswa untuk mengikuti kegiatan
pembelajaran/ pelayanan dengan penuh perhatian, semangat dan penampilan dengan
melakukan kegiatan berpikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab
(BMB3) berkenaan dengan materi pembelajaran/ pelayanan yang akan dibahas.
4.
Menyampaikan arah materi pokok pembelajaran, yaitu dengan
judul “ ........... “.
5.
Menyampaikan tujuan pembahasan yaitu:
a.
.....................................................................................................................
b.
.....................................................................................................................
B.
LANGKAH PENJAJAKAN
1.
Menanyakan kepada siswa tentang.......................(terkait
dengan materi pokok)
2.
Meminta respon siswa tentang..............................(terkait
dengan materi pokok)
3.
Meminta siswa mengemukakan pengalaman
tentang..........................................
(terkait dengan materi pokok).
4.
Memberikan ulasan umum dan penegasan-penegasan berkenaan
dengan masukan/ respon/ pengalaman siswa untuk nomor 1, 2, dan 3 di atas.
C.
LANGKAH PENAFSIRAN
1.
Membahas kondisi/ materi yang dikemukakan siswa pada
langkah penjajakan dengan penekanan-penekanan tertentu mengarah pada materi
pokok.
2.
Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan atau merespon materi
“.................” yang telah dijelaskan;
pertanyaan dan respon siswa tersebut dijawab dan diberikan ulasan serta penegasan-penegasan
yang diperlukan.
D.
LANGKAH PEMBINAAN
Berisi kegiatan
penguraian, diskusi, pelatihan pengembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan
melalui strategi transformatif dengan dinamika BMB3:
1.
...............................................................................................................................
2.
...............................................................................................................................
3.
...............................................................................................................................
4.
...............................................................................................................................
5.
...............................................................................................................................
E.
LANGKAH PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.
Penilaian Hasil
Di akhir proses pembelajaran / pelayanan siswa diminta
merefleksikan (secara lisan dan atau tertulis) apa yang mereka peroleh dengan
pola BMB3 dalam unsur-unsur AKURS:
a.
Berfikir: Bagaimana siswa berpikir
tentang ..........................(Unsur ............).
b.
Merasa: Bagaimana perasaan siswa
berkenaan dengan...................................
(Unsur .........).
c. Bersikap: Apa yang siswa inginkan dan hendak lakukan berkenaan dengan ..................................................................................................(Unsur
........).
d.
Bertindak: Apa
yang akan dilakukan siswa untuk.........................................
(Unsur
........).
e.
Bertanggung Jawab: Bagaimana siswa
bersunguh-sungguh dalam............
(Unsur .......).
2.
Penilaian Proses
Melalui pengamatan dilakukan penilaian proses
pembelajaran/pelayanan untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas siswa dan
efektifitas pembelajaran/pelayanan yang telah diselenggarakan.
3.
LAPELPROG dan Tindak
Lanjut
Setelah kegiatan pembelajaran atau pelayanan selesai, disusunlah Laporan Pelaksanaan Program Layanan (LAPELPROG) yang
memuat data penilaian hasil dan proses, dengan disertai arah tindak lanjutnya.
Guru BK atau Konselor
.......................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar